Labels

Sunday, November 12, 2017

Install ubuntu di vmware windows 7


Selamat siang ketemu lagi dengan saya di blog ini.
Langsung saja, hari ini saya akan memberikan tutorial install linux ubuntu menggunakan vmware di windows
Baik untuk bahan-bahannya:
1. Software vmware yg bisa ente download disini
2. iso ubuntu, disini saya menggunakan ubuntu 14.04 versi desktop link tersedia disini
baik langsung saya tanpa panjang lebar tutorial disertai dengan gambar
1. install vmware yang sudah di download tadi, tampilan seperti dibawah ini
 2. masuk ke menu installer, klik next












 3. pilihan selanjutnya kita pilih Typical












4. Trus next aja sampai Finish














ok sampai disini saya rasa kalian sudah tau semua, next install ubuntu

#disini kita buat dulu virtualnya

1. Setelah selesai proses install, next buka vmware workstation nya, tampilan seperti dibawah ini













2. klik create a new virtual machine, maka akan masuk ke menu selanjutnya


















3. ada dua pilihan option, kita biarkan secara defaul Typical (recommended) klik next.

















4. pada gambar di atas pilih option Installer disk image file (iso), kemudian browse cari file iso yang
    sudah di download tadi. trus klik next
















5. dari gambar di atas banyak pilihan Guest operating system tinggal pilih mau install apa, balik ke
    topi disini saya pilih option linux untuk version pilih ubuntu trus klik next

















6. untuk virtual machine name terserah ente mau di isi nama apa di sini saya biarkan default, trus  klik next masuk ke gambar selanjutnya.

















7. pada menu ini saya kasih Maximum disk size (GB) 20Gb, option pilih split virtual disk into
    multiple files.
















8. Klik finish sampai disini kita sudah membuat virtualnya

# Lanjut instalasi ubuntu

1. Tampilan gambar di bawah ini hasil kita create virtual tadi, klik ubuntu pada menu sebelah kiri, kemudian pada device klik CD/DVD.













 2. kemudian klik browse cari file iso ubuntunya









































 3. klik ok, lanjut instalasi klik tombol play yg berwarna hijau di bawah menu file, otomatis masuk ke menu instalasi ubuntu seperti gambar berikut ini











4. Pada menu welcome language terserah ente mau pilih apa saya disini biarkan default English, kemudian klik Install Ubuntu.




5. klik next option pilih Erase disk and install ubuntu kemudian klik instal now..



6. pada menu install isi nama terserah ente beserta password, disini saya isi nama dan password untuk nanti kita akan mengaktifkan root pada os ubuntu.klik continue













masuk ke proses instalasi ubuntu

























selesai klik reboot


ok selesai sekarang ente semua sudah selesai install ubuntu lewat media vmware workstation.
sampai disini dulu tutorialnya udah malam bobok dulu. next tak kasih tutorial cara root di ubuntu

1 comment: